Emak Mertua ( Mertua Bule Baik ??? )

Katanya sih : ” Ibu Mertua terbaik adalah ibu mertua yang tinggalnya jauhhhh dari kita.”

Perkenalan pertama saya dengan emak mertua melalui Skype, saat itu si babang sudah beberapa kali meminta saya untuk skype dengan emak dan bapaknya, sesudah menolak beberapa kali akhirnya terjadilah pembicaraan calon mertua dan calon mantu lewat skype. Pada saat kami skype emaknya sih terlihat baik, sangat welcome dan cantik untuk seusianya. Babang selalu cerita betapa baik dan care si emak tapi saya tipe-nya nggak ngarep banyak dari mertua karena berdasarkan curhatan teman emak mertua begini-lah begitu-lah sampai ada sahabat saya yang hampir bercerai karena kekepoan ibu mertua. ditambah lagi untuk kasus saya di pilem-pilem Hollywood emak mertua bule cuek dan nggak care.

Diawal jumpa pertama kali dengan si emak, itu adalah hari kedua saya berada di USA.. menjadi siang yang deg-deg-an saya diundang makan siang dirumah (calon) mertua.. bertemu dengan emak, bapak, dan saudara si babang.. sumpah deg-deg-an sampai jantung berasa mau copot.

Saya nulis ini dalam Bahasa Indonesia, si emak, babang dan keluarga besar ngga bakalan ngerti. Jadi saya nulis bukan untuk ngambil hati si emak atau menjelekkan si emak, tapi memang curhatan dari hati terdalam #cieeh.

Sisi negatif si emak mertua saya satu… Dia Terlalu baik! Iya terlalu baik, sampe-sampe saya merasa nggak enak akan kebaikannya. Contoh kebaikannya :

  • Selama sebulan pertama saya disini, saya selalu pergi makan siang kerumah mertua… (calon) mantu kurang diajar.
  • Dia berdoa buat mantunya ini, saya bukan tau dari dia taunya dari orang digereja bagaimana tiap minggu si emak mertua minta gereja mendoakan kelancaran kedatangan saya ke USA #aihterharu
  • Ketika pulang dari honeymoon eh rumah bersih kinclong.. ternyata si mak mertua yang bersihin.
  • Awal-awal disini si emak selalu ngajakin belanja, pergi makan.. eh sampe sekarang kalo pergi makan nggak pernah boleh ngeluarin dompet.
  • Persiapan winter tahun lalu mertua yang sibuk beli ini itu, bikin ini itu buat akyu. Masih inget banget, pas salju-salju si mertua datang kucuk-kucuk bawain baju baru.
  • Nggak pernah sekalipun keluar dari mulutnya ” Kapan punya baby? “
  • Selalu dapat kejutan baik itu kecil maupun besar dari mamak mertua.
  • Mengingat tanggal penting dalam kehidupan saya: setahun saya di USA, hari ulang tahun, wedding anniversary. Nggak lupa dikasi sesuatu dan ungkapan kata yang bikin terharu.
  • Ulangtahun dikasi kado dan dibikinin kue #bikinhatimantumeleleh
  • Angkatin dan beresin jemuran baju.
  • Diajak pergi nyalon eh si emak juga yang bayarin.
  • Pulang kerja selalu aja ada hal baru didalam kulkas, pie lah, buah lah..
  • Kasih pelukan hangat pada saat yang tepat #ineedbighugssometime

Duh kalo dilist bisa panjang nggak habis daftar kebaikannya… nggak pernah sekalipun dengar makian keluar dari mulutnya ini mertua apa malaikat ya hehe.. tapi lucu deh kalo dengerin dia curhat kadang suka panikan si emak. Sudah setahun lebih saya tinggal di Amerika dan sampai detik ini saya masih bilang bahwa si emak mertua adalah sahabat terbaik saya di South Dakota, si Emak adalah salah satu alasan saya nggak homesick ditahun pertama saya di negeri orang.

Jadi yang bilang : Ibu Mertua terbaik adalah yang tinggal jauh dari kita. Itu ngga berlaku buat saya. Saya bersyukur, saya tinggalnya hanya berjarak 2 mile, 3-4menit naik mobil sampai kerumah mertua, dan selama kami bangun rumah sekarang saya tinggal di shop yang ngesot juga nyampe yah.. kurang lebih rumahnya 100meter dari shop.

Si abang pernah bilang ada dua wanita terbaik dalam hidupnya, yaitu : Saya dan si Emak. Berbahagialah kau bang dikasihi dua wanita terbaik. Sejauh ini emak mertua adalah mak mertua terbaik yang saya nggak pernah minta, sehat-sehat terus ya mak, mantumu ini sangat sayang dan bangga banget punya emak mertua kamu.

 

38 comments so far.

38 responses to “Emak Mertua ( Mertua Bule Baik ??? )”

  1. Enny Law says:

    Enak mba klo akur sm mertua rasanya hidup jd lbh mdh. Mw minta dimasakin jd gampang, gak sungkan, wakakaka *ini sih aku bgt* 😀

  2. Senengnya punya mak mertua yang baik banget. Kalau udah gitu terus kitanya yang malu ya kalau jadi mantu yang gak baik. Salam buat Mak mertuanya, ya, Sari

  3. Sandra says:

    Melting banget, mau nangis bacanya Mba.. ikut seneng ya, Nggak pernah sekalipun keluar dari mulutnya ” Kapan punya baby? “ hehe catet. Hmmm kalo suatu hari nanti saya jadi Mertua, pengen jadi mertua yang bersih hatinya, cuek gak kepo n intervensi dan care sewajarnya, pokonya gamau memperlakukan menantu dengan lisan yang buruk:)

  4. Untari says:

    mak mertuaku juga lebih modern pemikirannya ketimbang emakku sendiri padahal umurnya jauh mudaan emakku. Pas mo ke singapur bliau ngijinin malah mo dkasi sangu. Lah emak sendiri malah nglarang. Hiks

  5. Lia Harahap says:

    Bersyukur mbak punya hubungan yang baik dengan mertua. Pada dasarnya sih semua orang tua baik, walaupun kadang tipikal orang tua di Indonesia itu baiknya sampe ada yang level kepo atau nagih minta cucu mulu. Hihihi.

    Hubungan saya dan mertua baik. Cuma kadang pengen punya lingkungan keluarga yang affectionate gitu lho kayak yang Mbak ceritain di atas. Soalnya keluarga saya dan suami termasuk yang cuek dan cenderung dingin (tapi tetap hangat dong ah hatinya). Cuma aja gak pernah ditunjukin.

    Mungkin saya nanti akan jadi ibu atau mertua yang kayak gitu kali yaaa. Yang bisa belanja atau hang out sama mantu 🙂

    • Iya tipe orang tua Saya yang cuek didepan tapi hatinya hangat, jadi dapat mertua yang super hangat gini sayanya terpesona hehe. Si emak mertua Saya paling Enak kalo shopping bareng, dia yang pegangin keranjang sampai bayarin hahaha #mantumintaditonjok

  6. Mertua idaman banget 🙂 .. Poin paling utamanya, yg ga pernah nanya ttg baby tadi. Buatku itu paling pentiiiiing byangetttt :D.

  7. monda says:

    bersyukur Non punya mertua yang baik banget, dan caring ya..
    jadinya nggak merasa sendirian jauh di negeri orang

  8. Umminyai says:

    Seru Mbak!
    Memberi gambaran kelak harus bersikap apa pada istri Dari 2 jagoanku 🙂

  9. rahmi says:

    Hahaaa sama akundeg2an banget dulu pertama kali diajak ketemu (calon) mertua. Alhamdulillah mertuaku juga baik spt emak mertua mba 😁😁

  10. Jadi sebelum baca ini aku tuh bertekad kalo punya suami kalo bisa yang ibunya tinggal jauh. Karena dulu pengalamanku sama mantan, mamanya ini mendominasi sekali Mbak, ku kzl 😂

    Tapi ternyata punya mertua ga sejelek yang dibayangin. Semoga aku bisa punya mertua sebaik mama mertuanya Mbak Sari ya. Aamiin :’)

  11. Hastira says:

    asyik ya punay mertua baik, mertuaku juga baik tp kalau suruh satu rumah aku sih ogah, haaaaa

  12. Ghita Ayu says:

    I feel you sis….
    Mama mertua bule emang terlalu baik, tpi nggak kepoan. Sempet kemarin nginep di rumah calon mertua selama tiga hari (klo aku baru calon, tapi udah pindah ke negaranya Mas Bojo), dari diajak keliling sampai nggak berhenti dikasih makanan. Tiga kali sehari, tiga makanan sekali makan, pembuka, inti, penutup.

  13. Lingga says:

    Mak mertua bule g terlalu kepoan ya mba..hehe..klo disini..duhh..

  14. Wiwien says:

    Ternyata bener ya kl di blg bhw org baik pst dapat yg baik2 jg. Salam buat maknya ya Sari. Skrg saya hrs bljr jd mak yg baik kyk mak mertua nya Sari. Mdh2 an bisa shg ntar mantuku bahagia pny mertua kyk aq…hihihi

  15. Ella says:

    Cici….terharu bgt bacanya 😚

    Puji Tuhan ya ci…Tuhan kasih mertua yg baik..krn cici jg baik sih 😘

    Aku sk point tentang #baby
    Sm bgt ci dng mertuaku…ga prnh sedikitpun keluar dr mulutnya..kapan? Kok lama? Kenapa? Atau cek dong ke dokter? Aih kt beruntung ya ci dikasih mertua yg pny hati bgtu luar biasa baiknya ❤

    Miss u ci sar…Gbu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Sari's Storyline

Enter your email address and receive notifications of new posts by email.


Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox:

Read previous post:
35

It's been awhile since my last blog. I've been busy with work, the house project, gardening and enjoying my life as a...

Close