Visa Amerika ditolak 2 kali

Kasihan dan drama amat sih Visa ( turis ) Amerika sampai ditolak dua kali??!! kok bisa??

Siapa sih?

Orang yang ditolak visa Amerikanya 2x itu bernama Sari alias Saya sendiri.. 🙊

Kok bisa?

Ya bisa donk Visa Amerika terbilang susah-susah gampang bok.. saya dapet yang susahnya 😜

Sewaktu masa pacaran, si babang mengundang saya berkunjung untuk melihat South Dakota dan berjumpa dengan keluarganya. Maka mulailah saya mengurus Visa, karena tipikal nggak mau ribet maka saya memakai jasa agen, tinggal terima beres maksudnya tapi untuk visa Amerika mau pakai agen atau sendiri pengurusan pertama kali tetep ada interview. Setelah pendaftaran untuk interview selesai diurus oleh pihak Agen maka dapatlah jadwal Interview.

Baca juga : Fiancé Visa 

Interview Pertama, 11 Maret 2015

Pada pukul 6.30 pagi saya sudah mengantri didepan kedutaan Amerika dan antriannya panjang kaya antri sembako, saya nggak terlalu deg-degan gimana sih karena kata si agen : Jujur aja tujuannya ke Amerika apa dan kamu udah beberapa kali punya Visa Schengen dan Ausi pasti di-approved kok.

Sampai giliran saya, masuk ruangan pengecekan pertama handphone dan perangkat elektronik dititipkan di ruang security dan kita di perbolehkan untuk masuk ruangan selanjutnya. Di ruangan selanjutnya disambut dengan manis oleh seorang mbak untuk dicek dokumen yang kita bawa beserta slip pembayaran. Lalu menunggu lagi untuk pengecekan ke 3 di loket, nah diloket ini saya pun aman dan pas photo saya memenuhi standard, lalu saya digiring untuk masuk keruang selanjutnya untuk finger print, dan setelah finger print ini saat yang ditunggu-tunggu tiba yaitu Interview. Interviewnya berbeda dengan bayangan saya, saya kira akan diinterview satu persatu sambil duduk manis eh nggak ternyata interviewnya berdiri berbaris didepan loket dengan 6-8 peserta interview lainnya.

Interviewnya saya perhatikan cukup singkat ada yang dapat kertas putih senyum-senyum dan yang dapat kertas pink mesem mukanya dan kuning dibutuhkan proses adminstrasi tambahan. Nah giliran saya di Interview oleh wanita berkulit putih dan berperawakan cukup besar. Dia menanyakan nama lengkap saya dan tujuan saya ke Amerika, saya jawab dengan sejujurnya untuk mengunjungi pacar dan keluarganya. Lalu ditanya lagi kapan bertemu pacar dan dimana pacarnya sekarang, saya jawab si pacar di USA dan bertemunya 3 bulan lalu pas si pacar ada trade mission di Indonesia. Tanpa ba bi bu… si mbak bule ini ketak ketik dikomputernya dan saya di kasih kertas PINK dan bilang kami belum bisa menyetujui visa kamu …. OH NO, dokumen dan buku rekening aja nggak di lihat sama sekali langsung di tolak ( bila si mbak bule memutuskan cek buku rekening saya pun uangnya nggak ada sih 😜😂).

Penolakan pertama dari US Embassy

Sungguh teganya.. dan uang 2JUTA melayang. Pulanglah saya dengan ngedumel, dumelannya jahat lagi ” Dasar mbak bule gendut masa dokumen gak dicek sama sekali langsung ditolak.” Lalu saya kontek agen yang bantuin saya, saya bilang visa saya ditolak si agen panas-panasin pula : ” Yang interview gimana ciri-cirinya”, saya jelasin lah ” mbak bule agak besar, rambut panjang agak keriting” ehh si Agen bilang ” iya kalo yang gendut itu emank susah blablabla” bikin saya tambah kesel deh jadi bawannya sebel ke personal mbak bule itu.Padahal mungkin si mbak bule hanya menjalankan tugasnya saja.

3 Bulan berikutnya, 09 Juni 2015,

Nggak kenal menyerah 3 bulan kemudian saya coba lagi untuk kedua kalinya, Kali ini saya urus sendiri pendaftaran wawancaranya ternyata gampang gak pake ribet dan saya pun ambil paket perjalanan dari satu tour travel jadi saya mendapatkan surat rekomendasi dari tour travel.

Banyak pihak yang mengingatkan kalau baru ditolak 3bulan lalu mendingan jangan ajuin karena datanya masi ada dan kemungkinan besar ditolak, tunggu saja 6 bulan…tapi sayanya tetep nekat👧

Dengan urus sendiri dapatlah saya jadwal interview 09 Juni 2015, saya sudah tau prosedurnya jadi gampanglah saya pikir ehh tapi kali ini saya deg-degan takut ditolak lagi. Pagi itu saya sampai hujan rintik-rintik dan tetep antriannya diluar gedung kedutaan #kejamkali.

Semua prosedur persis sekali dengan interview pertama, dan kali ini saya segrup dengan seorang Mbak seusia saya, dia bercerita kalau dia mau ke California akan bertemu dengan kawannya disana dan akan tinggal dirumah kawannya itu. Eh tapi informasi yang dia berikan kesaya dan ke Mas bule yang interview beda.. pas diinterview si mbak ditanya mau ngapain ke USA dan apa ada temen di USA? Dia jawab ngga ada dan hanya untuk jalan-jalan… ehh dia dapat kertas putih lohh jelas-jelas boong pas diwawancara dapet kertas putih… saya ngga pake nguping tapi emank kedengaran secara saya berdiri dibelakang dia.

Nah giliran saya.. dag dig dug.. si mas bule buka data saya,

Mas Bule : " Sari mau ngapain ke US? "

Saya : " Jalan-jalan lihat Amerika ikut tour"

Mas Bule : " Oh ya kamu suka traveling ya" sambil membuka buka paspor saya.

Saya : " Iya suka travelling." Sambil berkata dalam hati asik dilihat paspornya kayanya disetujui nih

Kali ini ketika saya sodorin surat pengantar dari tour paling nggak dia melihat dan baca sekilas.. asik pertanda baik dalam hati saya.

Mas Bule : " Kamu masih pacaran dengan Matthew xxx"

Saya : " Iya"

Mas Bule : " Nanti kalau disana kamu akan bertemu dia ?"

Sari : " Kemungkinan iya "

Mas Bule : " Nanti kalau kamu ketemu dia dan nggak pulang lagi gimana?"

Sari : " Saya pulanglah ada kerjaan masih menunggu di Jakarta"

mas bule ketak ketik, lalu bilang ” Saya mau banget bantu tapi masi belum bisa bantu” sambil menyodorkan kertas PUTIH dan paspor saya, saya lihat kertas putih langsung giranggg banget dan bilang thank you lalu dengan senang hati keluar… Yihaaa dapettt visa.

Eh pas hampir dekat pintu keluar baru saya ngeh KOK kertas putih tapi paspornya dikembalikan kesaya?? jadi saya bertanya lah kesalah satu petugas, dan iya menyuruh saya kembali ke mas bule lagi untuk nanya apa maksudnya..Saya balik lagi ke mas bule ternyata…. maksud dia adalah bener Nggak bisa bantu = Nggak disetujui dan dia salah ngasih kertas.. harusnya saya dapet PINK… si mas bule tukar kertas saya dengan kertas PINK #what!#$#@ mas bule kerja ngga bener nih…. saya yang kecewa berat jalan kluar dengan kesel dan ditaksi saya nanggis kecewa.

Penolakan kedua oleh US Embassy

Pas ditolak kedua kali Saya beneran sedih dan kecewa, total 2x visa ketolak 4juta ($320) melayang.. yang jelas-jelas jujur ditolak eh yang jawab boong diterima sempat terbesit nih US Embassy harusnya punya alat deteksi kebohongan jadi lebih afdol kerjanya. Tapi sisi positifnya dari ditolak visa dua kali itu saya dapat job tambahan untuk bantuin orang bikin visa yah lumayan untuk ngumpulin pundi2 tambahan.

Kok bisa dapat job nya darimana? Adik saya yang bekerja di Tour travel cukup besar pada saat itu selalu mendapatkan telefon yang menanyakan apa ada jasa untuk buat Visa Amerika, tapi kalau tour travel besar biasanya tidak pernah menerima permintaan pengurusan Visa Amerika. Maka dia mereferensikan ke agen lain, daripada keagen lain yah kesaya aja 😉

Dari menerima banyak telefon masuk hasil referensi si adik inilah saya bisa memaklumi kenapa pihak US Embassy di Jakarta sangat berhati-hati dan menolak visa saya yang baru pacaran 3 bulan dengan warga Amerika. Ada banyak yang menelepon saya meminta bantuan untuk mengurus visa US karena mau kerja ke US, saya tanya donk ” Apa sudah ada pekerjaannya disana atau ada keluarga disana ? Jawabnya ” Belum ntar sampai US baru mencari pekerjaan dan sendiri aja ngga ada siapa-siapa di US ” #duhnekat visa turis mau kerja disana.. illegal dunk, nggak berani lah saya bantu. Ada juga yang mau jalan-jalan tapi paspornya masih kosong melompong.. saya juga ngga mau bantu takut mengecewakan tapi saya kasi tau prosedurnya sangat mudah tinggal dilihat disini UStravelsdocs.com  Paling saya suka kalau dapat client minta ekspress service dan mau perpanjang visa apalagi perpanjangan ketiga atau seterusnya : kemungkinan approvenya 99.99%.

Sekian cerita kesedihan visa turis Amerika saya yang ditolak 2 kali, semoga nggak ada yang ngalamin kaya saya yah #sakitrasanya. Kalau ada boleh share dunk biar saya ngga merasa sengsara sendiri 😉

Diakhir cerita ini saya mau sharing berita sukacita; akhirnya setelah menunggu selama 6 bulan Greencard saya akhirnya disetujui dan 16 Febuari kemarin saya menerima surat pemberitahuannya dan dalam surat tersebut diinformasikan maksimal 3minggu kedepan kartunya dikirim ehh baru 2hari ( 18 febuari 2017 ) kartunya sudah nyampe 🤗🤗.. Apa ini karena si Trump ya yang legal Imigran apa-apa jadi cepet #nyambunggayah 🤔😜

Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga, Greencard approval

 

Xoxo, Sari si Imigran legal 😃

 

118 comments so far.

118 responses to “Visa Amerika ditolak 2 kali”

  1. Melina says:

    Aku juga br di tolak mbak, keselnya msh berasa. Saya keceplosan jawab bhs inggris trus krn nervous, jd blank dan gugup, kyk nya itu yg bikin dia curiga, plus pasporku yg sblmnya kosong, dia tanya knp br skrg mau ke LN, dan saya blank, pdhl saya mau blg, klo ya pas liat promo tiket, dan saya niat kesana cm mau 2 minggu, dan suami ma anak emang gak bs ikut krn gak match schedulenya, tp tak tersampaikan krn blank. Mendadak jd kyk gak bs bhs inggris. Pgn apply lg, tp siapin mental dulu deh, biar gak rugi bandar 2x byr 😂 plus mending jawab bhs Indonesia deh, se nervous2nya mungkin gak bkl se blank klo di tanya pake bhs inggris. Kunci bs di approve kyknya gak blh nervous deh. Dan gak masalah paspor kosong as long as kita bs kasih alasan jelas. #kemudianmewek #keseeeeel 😂😂😂

  2. Meitha says:

    Hai mbak Sari, nyesek emang kalo ditolak berkali2. Sodaraku ada tuh punya pengalaman sama, ditolak 2x pdhl udah ada surat sponsor dari sodara2nya di amrik, ga nembus jg. Pas dulu aku wawancara di kedutaan US, ada ibu2 yg udah sering bolak balik amrik, eh ditolak jg, sampe si ibu2 ngedumel sampe keluar kata2 kasar pas keluar pagar kedutaan.
    Oia aku mo nanya mba, visa US 5 tahun aku kan udah expired thn 2014 lalu, sebelum ganti paspor baru, aku pengen apply lagi mumpung visa US aku masih ada di paspor lama, berarti aku tetep harus ngajuin visa dari awal ya? pengen pake jasa agent tur, tp sbenernya aku ke sana cuma jalan2 sama sodara, ngga mau ikut tur lagi. Apa kemungkinannnya bisa 99% ya? aku mikirnya kalo udah perna punya visa US dan schengen harusnya lebih gampang. Gimana saran mba Sari? thx.

    • Hai Meitha, kalo kamu uda punya Visa US coba ajuin yang ngga pakai interview aja bisa kok. Cek ke web resmi-nya deh 😉

      Eh tapi punya kamu dah expired ya.. kaya nya mesti dari awal kaya biasa gitu.. 99% persen ketrima kok visa nya asal kamu ngga Ada catatan kriminal pas kunjungan ke US waktu itu hehe

  3. Andiin says:

    Hi mba Sari..

    aku hari ini baru aja di tolak visa amerika huhu gondoknya.. lalu aku browsing deh tentang penolakan visa amerika.. ada bbrp kasus yg sama kaya aku.. aku rencana pergi sendirian,blm menikah, biaya dari sendiri juga.. tapi mereka malah ksh kertas pink deh..
    nah rencana nya aku mau apply lg, tapi kali ini mau pake tour jalan2nya.. apa itu membantu kemungkinan visa aku di approve kalo trip nya pake tour ?

    Thanks mba Sari 🙂

  4. Emilia sari says:

    Hai mba Sari

    Aku tgl 29 sept’17 kmrenbjg ditolak tujuan aku k us u jalan2 brsma ibu ku yg usia nya sdh 80 thn dan anak ku umur 8th..alasan sy k us u jalan2 dan brkunjung krmh kaka krn abang ku sdh citezen mba…tpi pas intervie2 si bule nanya mana buktinya abang kamu sdh warga negara us…sy tunjukan email dri abang aku mengenai alamat rumah lengkap nya…eh ama si bule ditolak…trus ditolak pengajuan kami.abang aku minta aku apply lagi tapi jgn lama2 katanya…jadi aku sdh buat jadwal interview u tgl 23 okt ini apakah g masalah y mba krn jedah waktu antara wkt apply visa pertma yg ditolak tdk trlalu jauh…

    Kalo sy lamakan g enak sama abang jg krn dia pengen ktmu ibu tpi mau nya ibu yg ksna biar bs diajak jalan2…kali ini kk saya kasih tanda pengenal nya kaya ktp dan bukti dia sdh citizen jg mba

    Apakah tdk msalah pengajuan yg kedua krn selang 2waktu dgn yg prtma tdk bgtu jauh mba.

    Tolong saran dan petunjuk nya y mba.trmksih

    • Andiiin says:

      Hi mba Emilia sari..,boleh aku minta email nya ga ya? Kasus nya kita mirip nih hehe..aku juga mau ngajuin lg visa awal november yg dmn cuman selang 3mggu saja dari penolakan kmrn.. siapa tau kita bisa sharing. Thanks

    • Inna says:

      Hiii…, bareng dong, saya juga mau apply lg nih, tp takut di tolak lg juga, kmrn kena tolak sama cowo yg agak item ( no rasis ya, emang dia kulitnya hitam ) blh minta kontak nya ?

    • Emil, kalau saran Saya sih jangan terlalu dekat pengajuan dari waktu penolakan tapi kalo mmg mau dicoba ngga Ada salahnya tapi kalau penolakan kedua rasanya lebih nyesek dari yang pertama loh 😭
      Banyak memang yang bilang punya saudara malah ditolak Visanya, bahkan Ada yang curhat ke Saya bapaknya si A mau hadirin nikahan si A ditolak sedih banget. Tapi memang tiap Negara aturan visa berbeda sih. Good luck ya pengajuan keduanya.

      • Inna says:

        Tapi klo di D160 awal kita udah nulis ada temen/sodara di US trus di yg kedua gak ditulis mlh lbh keliatan boong ya mbak ? Krn pasti mereka punya catatan khan ? Ini saya jg maju mundur nih mau ngajuin yg kedua, takut di tolak lagi. Krn kmrn ini emang niat mo kesana liburan krn nemu tiket murah, skrg dgn kondisi hampir sama semua, tp mo ksh ref dr perusahaan dll, takut gak ngaruh. Krn kmrn aja gak ada satupun yg diliat dokumenku. Duh, kpn ya kita bs kyk negara lain, yg klo ke Amerika bs pake VoA meski cm blg stay 1 bulan, kyk Singapore gt.

  5. Emilia sari says:

    Hai mba

    Minta no tlp atau hp nya y mba

    Trmksih
    Emil

  6. ANTI says:

    Aku baru aja di tolak hari ini Mbak. Sedih bgt.pdhl pacar Aku yg undang Mbak, kmrn 2 mggu lalu dia dtg ke Purwokerto ktm Aku dan kluarga. Nah Aku lgsung gantian di minta dtg ke sana kan. Nah hari ini tgl 16 October 2017 Aku interview, lancar2 aja Aku pkir. Eh kasus Kita sama Mbak, Aku juga baru pacaran 3 bulan. Aku cerita donk sejujurnya, smuanya. Aku pdhl udah beli tiket balik nya. SAma skali gak di Cek dokumen2 itu. Hikssss kesel.

  7. david says:

    Halo mba sari,

    Salam kenal ya mba.
    Mba mau tanya setelah 2x gagal apply visa, koq tiba2 di approved green card, bukan visanya? Gimana ceritanya mba kalau boleh tau hehe

    Salam,

    David

  8. Donny says:

    Hi mba Sari,
    saya baru saja mendapatkan penolakan dari embassy di surabaya, apabila saya mengajukan kembali di jakarta apakah akan menjadi pertanyaan yg mencurigakan nantinya ?

    Terima kasih

    • Hai Donny, kalau ditolak di salah satu embassy pasti datanya akan tetap Ada di embassy lainnya. Kalau kamu melengkapi kekurangan yang dibutuhkan kemungkinan bisa diterima, tapi kalau kamu datang dengan kondisi sama kemungkinan ditolak laginya besar.

      Semoga membantu ya

  9. Grace says:

    Mbak Sari masih ngurusin buat visa ga?
    Atau ada agent yg bisa bantu?

    Aku mau buat visa amrik perlu beli tiket dulu ga ya?
    Terus untuk surat keterangan kerja kalo aku usaha sendiri gimana? Ga ada siup atau ijin usahanya gitu..

    Thanks ya sebelumnya

  10. Alice says:

    Hi,

    Aku mau sharing cerita aja siapa tau berguna buat kalian yang mau apply US Visa.

    Jadi tanggal 29 September kemarin, saya dan pacar saya interview di US Embassy Jakarta untuk tourist visa (B2). Kebetulan pacar saya dapat nomor interview 49 dan saya 50. Hari itu cukup banyak sih yang ditolak, karena kita bisa lihat pas mereka keluar bawa kertas
    pink/putih (pink berarti visanya direject, dan putih berarti diapprove).

    Saat pacar saya dipanggil untuk interview, since ruangan interviewnya hanya seperti loket, kita bisa dengar sedikit-sedikit conversation nya. Saya bisa dengar bahwa pacar saya jawab pertanyaan interviewer dengan singkat dan menggunakan Bahasa Inggris. Lalu belum sampai 5 menit, visa nya ditolak dan ia diberikan kertas pink. Setelah giliran dia, giliran saya untuk interview. Saya jujur sudah down duluan karena melihat pacar saya ditolak visanya, apalagi saat itu kita sudah booked Airbnb dan juga sudah bayar returned tickets.

    Pertanyaan yang diberikan kepada saya dan pacar saya kurang lebih hampir sama:
    1. Apa tujuan ke US
    2. Dengan siapa
    3. Kerja dimana
    4. Siapa yang akan mensponsori trip ini
    5. Pernah ke US atau belum

    Lalu setelah sekitar 5 menit, saya diberikan kertas putih. Lega sih, tapi tetap sedih karena pacar saya gak diapproved. Kita berdua sama sekali gak diminta supporting documents nya, seperti itinerary, surat dari kantor, bank statement, etc.

    Setelah kita selesai interview, kita langsung coba telfon teman yang kebetulan visa consultant, dan saat itu dia memberikan beberapa predictions kenapa visa saya bisa diapproved dan pacar saya tidak:
    1. Passport pacar saya hanya ada Visa Korea dan stamp negara Thailand.
    2. Saat wawancara, dia jawab seadanya dan sangat singkat, seperti misalnya “What do your parents do?” Jawaban pacar saya hanya 1 kata: “Banker”. (mungkin krn dalam bahasa inggris, dia jadi gugup dan memilih untuk jawab sesingkat mungkin).
    3. Passport saya kebetulan ada student visa Australia, Schengen, dan US Visa sendiri (kata consultant ini sangat membantu untuk memudahkan mendapat US Visa).

    Karena saya sudah beli tiket pesawat dan bayar Airbnb (waktu itu mungkin kita terlalu PD bakal dapet US visa hehe), jadi pacar saya memutuskan untuk apply lagi. Singkat cerita, dia isi DS-160 form lagi dengan informasi yang sama persis (saya sangat recommend untuk jawab ini sejujur-jujurnya, dari mulai siapa yang membiayai etc). Lalu, dia interview lagi pada tanggal 20 October 2017 (hanya beda kira-kira 3 minggu sejak visa ditolak).

    Sebelum interview kedua ini, pacar saya sudah menyiapkan segala supporting documents yang bisa membantu dia untuk diapprove, dari mulai surat kontrak kerja, surat sponsor dari orang tua, itinerary, e-ticket printouts, Airbnb receipt, dan lain-lainnya.

    Lalu akhirnya, tanggal 20 October tiba, dan tepatnya tadi pagi dia interview lagi di US Embassy Jakarta. Saya juga sudah doa selama 2 minggu ini supaya di approve, dan akhirnya visa dia DIAPPROVED 🙂 Thank God.

    Interview dia yang kedua jauh lebih lama dari interview pertama, mungkin yang kedua ini sekitar 15 menitan. Orangnya juga sangat detail nanya nya. Pada awalnya interviewernya bicara Bahasa Inggris, tapi pacar saya meminta agar dalam Bahasa Indonesia saja.

    Pada interview pertama saat dia ditanya alasan kenapa mau travelling ke US, pacar saya jawab untuk mengunjungi Chicago Architecture Festival (karena kebetulan pacar saya adalah architect).
    Namun saat interview kedua, dia menjawab bahwa tujuannya adalah untuk Christmas Holiday. Dan si interviewer langsung bertanya “Saat pertama interview kamu menjawab mau ke Chicago Architecture Festival, kenapa skrg alasannya Christmas Holiday?” Lalu pacar saya menjawab sejujurnya bahwa Chicago Archictecture Festival ini memang tujuan kedua nya selain untuk Christmas Holiday.
    Jadi apparently semua interviewer bakal mencatat semua jawaban kamu, jadi kalau jawaban kamu berbeda dari interview yang pertama, dia bisa curiga bahwa kamu berbohong. Jadi sebaiknya jawab seada nya aja 🙂

    Pertanyaan-pertanyaannya sih sebenarnya hampir sama dengan interview pertama, yaitu:
    1. Apa tujuan ke US
    2. Sama siapa, dan apakah teman travellingnya sudah punya visa
    3. Kamu sepertinya jarang travelling, kenapa langsung pilih US
    4. Orang tua kerja apa dan dimana
    5. Apa pekerjaan mu dan sudah berapa lama
    6. Apa ada girlfriend di US

    Kurang lebih seperti itu pertanyannya. Pacar saya juga sempat menyodorkan semua supporting documents nya untuk meyakinkan, tapi interviewer menolak dan bilang “I dont need to see your documents, I want you to answer my questoins”.
    Tapi untungnya kali ini pacar saya berhasil dapet kertas putih. Lega banget rasanya.

    Jadi buat teman-teman yang pernah ditolak sebelumnya, jangan pesimis ya. Dan menurut saya, kabar bahwa dianjurkan tidak apply US visa dalam waktu minimal 3-6 bulan itu nggak sepenuhnya benar, karena pacar saya dapat tourist visa 3 minggu setelah interview pertama nya ditolak.
    Yang paling penting, saat interview jawablah dengan jujur, tapi jangan terlalu singkat menjawab. Jadi jawaban harus informatif dan jangan gugup. Lalu, saya sarankan untuk pakai bahasa yang paling nyaman buat kamu menjawab pertanyaan mereka. Kalau memang tidak fluent, lebih baik minta dalam Bahasa Indonesia saja, daripada nanti malah jadi gugup.

    Kira-kira seperti itu pengalaman saya dan pacar saya. Semoga membantu yaaaa 🙂

    • Hai Alice thanks for sharing! Salah satu komen terpanjang di web Saya tapi bermanfaat 😉
      Sebenernya kamu sendiri bisa Kalau tanpa interview lebih mudah jadi tinggal kirim dokumen ke RPX.
      Congratz buat pacarnya. Banyak memang yang share ke Saya dicoba lagi dalam waktu berdekatan dan pakai bahasa Indo, dapat sponsor dari company untuk training bahkan ketolak, tapi Saya selalu bilang Kalau mau dicoba lagi setelah ditolak ngga Ada salahnya.
      well your bf case, I guess Berkah dari mau Christmas holiday 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Sari's Storyline

Enter your email address and receive notifications of new posts by email.


Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox:

Read previous post:
Valentine’s Day is A Romantic day?

Happy Valentine's Day y'all!! Valentine's day it's not only about flowers, chocolate, jewelry or a romantic date but media and...

Close