Visa Amerika ditolak 2 kali

Kasihan dan drama amat sih Visa ( turis ) Amerika sampai ditolak dua kali??!! kok bisa??

Siapa sih?

Orang yang ditolak visa Amerikanya 2x itu bernama Sari alias Saya sendiri.. 🙊

Kok bisa?

Ya bisa donk Visa Amerika terbilang susah-susah gampang bok.. saya dapet yang susahnya 😜

Sewaktu masa pacaran, si babang mengundang saya berkunjung untuk melihat South Dakota dan berjumpa dengan keluarganya. Maka mulailah saya mengurus Visa, karena tipikal nggak mau ribet maka saya memakai jasa agen, tinggal terima beres maksudnya tapi untuk visa Amerika mau pakai agen atau sendiri pengurusan pertama kali tetep ada interview. Setelah pendaftaran untuk interview selesai diurus oleh pihak Agen maka dapatlah jadwal Interview.

Baca juga : Fiancé Visa 

Interview Pertama, 11 Maret 2015

Pada pukul 6.30 pagi saya sudah mengantri didepan kedutaan Amerika dan antriannya panjang kaya antri sembako, saya nggak terlalu deg-degan gimana sih karena kata si agen : Jujur aja tujuannya ke Amerika apa dan kamu udah beberapa kali punya Visa Schengen dan Ausi pasti di-approved kok.

Sampai giliran saya, masuk ruangan pengecekan pertama handphone dan perangkat elektronik dititipkan di ruang security dan kita di perbolehkan untuk masuk ruangan selanjutnya. Di ruangan selanjutnya disambut dengan manis oleh seorang mbak untuk dicek dokumen yang kita bawa beserta slip pembayaran. Lalu menunggu lagi untuk pengecekan ke 3 di loket, nah diloket ini saya pun aman dan pas photo saya memenuhi standard, lalu saya digiring untuk masuk keruang selanjutnya untuk finger print, dan setelah finger print ini saat yang ditunggu-tunggu tiba yaitu Interview. Interviewnya berbeda dengan bayangan saya, saya kira akan diinterview satu persatu sambil duduk manis eh nggak ternyata interviewnya berdiri berbaris didepan loket dengan 6-8 peserta interview lainnya.

Interviewnya saya perhatikan cukup singkat ada yang dapat kertas putih senyum-senyum dan yang dapat kertas pink mesem mukanya dan kuning dibutuhkan proses adminstrasi tambahan. Nah giliran saya di Interview oleh wanita berkulit putih dan berperawakan cukup besar. Dia menanyakan nama lengkap saya dan tujuan saya ke Amerika, saya jawab dengan sejujurnya untuk mengunjungi pacar dan keluarganya. Lalu ditanya lagi kapan bertemu pacar dan dimana pacarnya sekarang, saya jawab si pacar di USA dan bertemunya 3 bulan lalu pas si pacar ada trade mission di Indonesia. Tanpa ba bi bu… si mbak bule ini ketak ketik dikomputernya dan saya di kasih kertas PINK dan bilang kami belum bisa menyetujui visa kamu …. OH NO, dokumen dan buku rekening aja nggak di lihat sama sekali langsung di tolak ( bila si mbak bule memutuskan cek buku rekening saya pun uangnya nggak ada sih 😜😂).

Penolakan pertama dari US Embassy

Sungguh teganya.. dan uang 2JUTA melayang. Pulanglah saya dengan ngedumel, dumelannya jahat lagi ” Dasar mbak bule gendut masa dokumen gak dicek sama sekali langsung ditolak.” Lalu saya kontek agen yang bantuin saya, saya bilang visa saya ditolak si agen panas-panasin pula : ” Yang interview gimana ciri-cirinya”, saya jelasin lah ” mbak bule agak besar, rambut panjang agak keriting” ehh si Agen bilang ” iya kalo yang gendut itu emank susah blablabla” bikin saya tambah kesel deh jadi bawannya sebel ke personal mbak bule itu.Padahal mungkin si mbak bule hanya menjalankan tugasnya saja.

3 Bulan berikutnya, 09 Juni 2015,

Nggak kenal menyerah 3 bulan kemudian saya coba lagi untuk kedua kalinya, Kali ini saya urus sendiri pendaftaran wawancaranya ternyata gampang gak pake ribet dan saya pun ambil paket perjalanan dari satu tour travel jadi saya mendapatkan surat rekomendasi dari tour travel.

Banyak pihak yang mengingatkan kalau baru ditolak 3bulan lalu mendingan jangan ajuin karena datanya masi ada dan kemungkinan besar ditolak, tunggu saja 6 bulan…tapi sayanya tetep nekat👧

Dengan urus sendiri dapatlah saya jadwal interview 09 Juni 2015, saya sudah tau prosedurnya jadi gampanglah saya pikir ehh tapi kali ini saya deg-degan takut ditolak lagi. Pagi itu saya sampai hujan rintik-rintik dan tetep antriannya diluar gedung kedutaan #kejamkali.

Semua prosedur persis sekali dengan interview pertama, dan kali ini saya segrup dengan seorang Mbak seusia saya, dia bercerita kalau dia mau ke California akan bertemu dengan kawannya disana dan akan tinggal dirumah kawannya itu. Eh tapi informasi yang dia berikan kesaya dan ke Mas bule yang interview beda.. pas diinterview si mbak ditanya mau ngapain ke USA dan apa ada temen di USA? Dia jawab ngga ada dan hanya untuk jalan-jalan… ehh dia dapat kertas putih lohh jelas-jelas boong pas diwawancara dapet kertas putih… saya ngga pake nguping tapi emank kedengaran secara saya berdiri dibelakang dia.

Nah giliran saya.. dag dig dug.. si mas bule buka data saya,

Mas Bule : " Sari mau ngapain ke US? "

Saya : " Jalan-jalan lihat Amerika ikut tour"

Mas Bule : " Oh ya kamu suka traveling ya" sambil membuka buka paspor saya.

Saya : " Iya suka travelling." Sambil berkata dalam hati asik dilihat paspornya kayanya disetujui nih

Kali ini ketika saya sodorin surat pengantar dari tour paling nggak dia melihat dan baca sekilas.. asik pertanda baik dalam hati saya.

Mas Bule : " Kamu masih pacaran dengan Matthew xxx"

Saya : " Iya"

Mas Bule : " Nanti kalau disana kamu akan bertemu dia ?"

Sari : " Kemungkinan iya "

Mas Bule : " Nanti kalau kamu ketemu dia dan nggak pulang lagi gimana?"

Sari : " Saya pulanglah ada kerjaan masih menunggu di Jakarta"

mas bule ketak ketik, lalu bilang ” Saya mau banget bantu tapi masi belum bisa bantu” sambil menyodorkan kertas PUTIH dan paspor saya, saya lihat kertas putih langsung giranggg banget dan bilang thank you lalu dengan senang hati keluar… Yihaaa dapettt visa.

Eh pas hampir dekat pintu keluar baru saya ngeh KOK kertas putih tapi paspornya dikembalikan kesaya?? jadi saya bertanya lah kesalah satu petugas, dan iya menyuruh saya kembali ke mas bule lagi untuk nanya apa maksudnya..Saya balik lagi ke mas bule ternyata…. maksud dia adalah bener Nggak bisa bantu = Nggak disetujui dan dia salah ngasih kertas.. harusnya saya dapet PINK… si mas bule tukar kertas saya dengan kertas PINK #what!#$#@ mas bule kerja ngga bener nih…. saya yang kecewa berat jalan kluar dengan kesel dan ditaksi saya nanggis kecewa.

Penolakan kedua oleh US Embassy

Pas ditolak kedua kali Saya beneran sedih dan kecewa, total 2x visa ketolak 4juta ($320) melayang.. yang jelas-jelas jujur ditolak eh yang jawab boong diterima sempat terbesit nih US Embassy harusnya punya alat deteksi kebohongan jadi lebih afdol kerjanya. Tapi sisi positifnya dari ditolak visa dua kali itu saya dapat job tambahan untuk bantuin orang bikin visa yah lumayan untuk ngumpulin pundi2 tambahan.

Kok bisa dapat job nya darimana? Adik saya yang bekerja di Tour travel cukup besar pada saat itu selalu mendapatkan telefon yang menanyakan apa ada jasa untuk buat Visa Amerika, tapi kalau tour travel besar biasanya tidak pernah menerima permintaan pengurusan Visa Amerika. Maka dia mereferensikan ke agen lain, daripada keagen lain yah kesaya aja 😉

Dari menerima banyak telefon masuk hasil referensi si adik inilah saya bisa memaklumi kenapa pihak US Embassy di Jakarta sangat berhati-hati dan menolak visa saya yang baru pacaran 3 bulan dengan warga Amerika. Ada banyak yang menelepon saya meminta bantuan untuk mengurus visa US karena mau kerja ke US, saya tanya donk ” Apa sudah ada pekerjaannya disana atau ada keluarga disana ? Jawabnya ” Belum ntar sampai US baru mencari pekerjaan dan sendiri aja ngga ada siapa-siapa di US ” #duhnekat visa turis mau kerja disana.. illegal dunk, nggak berani lah saya bantu. Ada juga yang mau jalan-jalan tapi paspornya masih kosong melompong.. saya juga ngga mau bantu takut mengecewakan tapi saya kasi tau prosedurnya sangat mudah tinggal dilihat disini UStravelsdocs.com  Paling saya suka kalau dapat client minta ekspress service dan mau perpanjang visa apalagi perpanjangan ketiga atau seterusnya : kemungkinan approvenya 99.99%.

Sekian cerita kesedihan visa turis Amerika saya yang ditolak 2 kali, semoga nggak ada yang ngalamin kaya saya yah #sakitrasanya. Kalau ada boleh share dunk biar saya ngga merasa sengsara sendiri 😉

Diakhir cerita ini saya mau sharing berita sukacita; akhirnya setelah menunggu selama 6 bulan Greencard saya akhirnya disetujui dan 16 Febuari kemarin saya menerima surat pemberitahuannya dan dalam surat tersebut diinformasikan maksimal 3minggu kedepan kartunya dikirim ehh baru 2hari ( 18 febuari 2017 ) kartunya sudah nyampe 🤗🤗.. Apa ini karena si Trump ya yang legal Imigran apa-apa jadi cepet #nyambunggayah 🤔😜

Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga, Greencard approval

 

Xoxo, Sari si Imigran legal 😃

 

217 comments so far.

217 responses to “Visa Amerika ditolak 2 kali”

  1. Iksan says:

    Hai mba sari salam kenal,lihat postingan2 di atas saya jd tertarik sharing masalah saya.agustus kmrn saya interview visa cuma dapet kertas kuning yg berarti di tunda/pending…mkn tau kira2 berapa lama ya klo pending visa itu?
    Maksih sblmnya..

  2. Jill SR says:

    Nice sharing Sari, salam kenal, ak jg lg deg2an bsk pagi suamiku mo interview visa us utk pelaut, dgr2 jg byk yg ditolak visa pelautnya

  3. Angel says:

    Mba. Kalau mis kt maren sdh terlanjur apply tp belum di baayar. Apa mgkn di black list ga ya . Tuk menanyakan hal ini hrs tanya ke siapa ya mba. Mana tao bs membantu. Tq ya

  4. Bachtiar says:

    Aku udah 5 kali malahan sis interview di tolak. Aku udh check sendiri smua documents nya 😭😭 untung nya yg bayar in company bs gempor Klu bayar sendiri. Skr udh g mw cb lg sakit 💔Pdhal udh ke U.K. Ama France 🇫🇷. Bingung jg USA nich

  5. jessica says:

    maaf saya mau tanya dong buat yg udah pengalaman bikin visa. saya kan rencana mau ke argentina bulan 6, ada yg punya pengalaman bikin visa argentina ngga? visa argentina itu seribet visa amerika ngga ya? soalnya kan argentina temasuk amerika. makasih

  6. Yayuk says:

    Salam kenal mba sari..2 minggu kmaren Suamiku interview Visa utk pelaut tp ditolak.kira2 nunggu brp lama lg utk bs apply visa lg,,pgn nya apply di KOMJEN surabaya lbh dekat rumah,tp dr agen ktx g bs hrs di KEDUBES. Minta saranx mba sari gmn biar bs dpt visa krn jadwal flight suamiku bulan februari.mksih

  7. Elinawati says:

    mbak Sari ,saya pernah ditolak visa nya 4 thn yll.Saat itu sy bilang mau nengok keponakan dan dan tinggal dirmh nya selama tinggal disana , sy jugs bilang bahwa sy baru saja retired dr tempat sy bekerja. tanpa ditanya lagi langsung ditolak. Skrg sy mau ikut tour USA (pakai Trsvel Agent) dan rencananya mau apply visa akhir januari ini. kira2 bgmn ya mbak peluang saya?

  8. Nov Hutauruk says:

    Salam kenal Mbak Sari
    Dari yang banyak saya baca mengenai persyaratan pengajuan visa USA adalah surat pernyataan sedang bekerja. Gimana kalau belum bekerja atau sedang bisnis kecil-kecilan dan dana di bank gak banyak2 amat tapi mau jalan2 ke USA, bakalan lebih besar di tolak atau disetujui ya?
    Thanks utk sharing nya

  9. Yanti says:

    Hey Mba Sari,

    Saya baru aja pulang dari USA Embbasy dan mendapatkan surat cinta warna PINK dari officernya, di interviewnya ga’ sampe 5 menit ).
    Perasaan aku di tolak karena aku memang blm pernah ke LN, cuma aku gambling aja ngajuin Visa Usa, karena rencana sama Pacar aku mau ke Jamaika, ttp di consultan Jamaika di minta untuk buat Visa USA Terlebih dulu.

    Tadi juga ada beberapa org yg di tolak dan saya dengar (bukan nguping) ada org punya deposito besar di tolak, trus ada yang pernah traveling juga di tolak.

    yang di approved sekeompok anak2 ABG dan ibu2 yang mau mengunjungi familinya dan satu keluarga yang mau liburan.

    yang jadi pertanyaan :
    1. kalau ada Pacar yang sponsorin untuk buat VISA USA itu pasti ditolak ?
    2. Kira2 Berapa lama untuk dapat mengajukan visa lagi setelah di tolak, yang aku baca mereka tidak memberikan batasan waktu dan kalau ada perubahan baru mengajukan kembali, maksudnya apa yah ?

    mohon advicenya mba 🙂

    Terima kasih

  10. Yulitha says:

    Hi Mba Sari, mau nanya dong..

    Saya berencana utk ikut tour ke US, dari pihak travel menyarankan utk apply visa US terlebih dahulu dan apabila sudah di approve baru daftar tour utk menghindari kerugian uang tour yang hangus apabila visa ditolak.
    Yang mau saya tanyakan, apakah saya bisa apply visa US sementara saya belum memiliki tiket pesawat, hotel dan itinerary krn belum daftar tour?

    Dari sharing Mba Sari diatas saya baca waktu apply visa ke2 Mba Sari dftar tour dulu untuk dapat rekomendasi dari tour? jadi saat visa ditolak, uang dp tourny hangus dong?

    Thank You Mba Sari

    • Hi sorry for late reply, kalau Saya nggak hangus waktu tapi banyak nya memang Kalau dah DP pasti hangus Kalau gitu.
      Untuk apply visa US nggak masala kok blm Ada tiket dan hotel.

      Good luck ya

  11. Jeanny says:

    Siang mbak Sari. Wah kayaknya saya sama nih kyk awal2nya mbak Sari. Hari ini fresh visa saya ditolak huhuhu Mbak,boleh minta kontaknya utk tny2?

  12. Salju says:

    Hai sari, aku mau tanya dong, kmarin papaku ngajuin visa terus ditolak, yang salah disini sih aku soalnya aku pilih yg (other) jadi kesananya salah, kira kira bisa ga ya kalau ngajuin lagi? Papaku pengen visa tourism

  13. Hanna Prisella says:

    Halo Sari…
    Kamu masih terima jasa untuk perpanjangan visa ga?
    Karena saya dan suami ingin untuk perpanjang visa US yang akan habis Maret 2018 ini, sekaligus daftarkan visa US untuk kedua anak kami usia 8thn dan 6thn.
    Kami tertarik dengan program perpanjangan visa tanpa wawancara, hanya kami ga mau ribet dan perlu bantuan dalam pengisian DS 160.
    Saya dan suami ber-eKTP Bogor, tapi usaha dan domisili kami di Papua sehingga koneksi internet sulit.
    Kami berharap bisa ada yang membantu kami.
    Mohon informasinya. Terima kasih.

    • Hi Hanna,

      Sorry late reply ya, Krn ga cek inbox pas liburan di Jakarta. Saya Sudah nggak terima perpanjangan paspor sejak pindah Ke USA. Kalau kamu Sudah punya Visa sebelumnya simple banget kok. Tinggal isi form DS-160 dan kirim dokumennya semua by pos. Gini Kalau memang belum perpanjangan nya nanti email saya aja, Saya Bantu pandu pengisiannya 🙂

      Salam,
      Sari

  14. Widiana says:

    Hallo mbak sari
    Salam kenal
    Kalo tempat lahir saya di ijaza KTP kartu keluarga persyaratan visanya beda sama tempat lahir saya di passport apakah masalah mbak?

  15. Nora says:

    Mba sari, saya baru saja ditolak di Konsulat Amerika di surabya, jika saya ingin mengajukan kembali apakah saya harus mengajukan nya di surabaya? Atau bisa di kedutaan Jakarta?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Sari's Storyline

Enter your email address and receive notifications of new posts by email.


Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox:

Read previous post:
Valentine’s Day is A Romantic day?

Happy Valentine's Day y'all!! Valentine's day it's not only about flowers, chocolate, jewelry or a romantic date but media and...

Close