Visa Amerika ditolak 2 kali

Kasihan dan drama amat sih Visa ( turis ) Amerika sampai ditolak dua kali??!! kok bisa??

Siapa sih?

Orang yang ditolak visa Amerikanya 2x itu bernama Sari alias Saya sendiri.. 🙊

Kok bisa?

Ya bisa donk Visa Amerika terbilang susah-susah gampang bok.. saya dapet yang susahnya 😜

Sewaktu masa pacaran, si babang mengundang saya berkunjung untuk melihat South Dakota dan berjumpa dengan keluarganya. Maka mulailah saya mengurus Visa, karena tipikal nggak mau ribet maka saya memakai jasa agen, tinggal terima beres maksudnya tapi untuk visa Amerika mau pakai agen atau sendiri pengurusan pertama kali tetep ada interview. Setelah pendaftaran untuk interview selesai diurus oleh pihak Agen maka dapatlah jadwal Interview.

Baca juga : Fiancé Visa 

Interview Pertama, 11 Maret 2015

Pada pukul 6.30 pagi saya sudah mengantri didepan kedutaan Amerika dan antriannya panjang kaya antri sembako, saya nggak terlalu deg-degan gimana sih karena kata si agen : Jujur aja tujuannya ke Amerika apa dan kamu udah beberapa kali punya Visa Schengen dan Ausi pasti di-approved kok.

Sampai giliran saya, masuk ruangan pengecekan pertama handphone dan perangkat elektronik dititipkan di ruang security dan kita di perbolehkan untuk masuk ruangan selanjutnya. Di ruangan selanjutnya disambut dengan manis oleh seorang mbak untuk dicek dokumen yang kita bawa beserta slip pembayaran. Lalu menunggu lagi untuk pengecekan ke 3 di loket, nah diloket ini saya pun aman dan pas photo saya memenuhi standard, lalu saya digiring untuk masuk keruang selanjutnya untuk finger print, dan setelah finger print ini saat yang ditunggu-tunggu tiba yaitu Interview. Interviewnya berbeda dengan bayangan saya, saya kira akan diinterview satu persatu sambil duduk manis eh nggak ternyata interviewnya berdiri berbaris didepan loket dengan 6-8 peserta interview lainnya.

Interviewnya saya perhatikan cukup singkat ada yang dapat kertas putih senyum-senyum dan yang dapat kertas pink mesem mukanya dan kuning dibutuhkan proses adminstrasi tambahan. Nah giliran saya di Interview oleh wanita berkulit putih dan berperawakan cukup besar. Dia menanyakan nama lengkap saya dan tujuan saya ke Amerika, saya jawab dengan sejujurnya untuk mengunjungi pacar dan keluarganya. Lalu ditanya lagi kapan bertemu pacar dan dimana pacarnya sekarang, saya jawab si pacar di USA dan bertemunya 3 bulan lalu pas si pacar ada trade mission di Indonesia. Tanpa ba bi bu… si mbak bule ini ketak ketik dikomputernya dan saya di kasih kertas PINK dan bilang kami belum bisa menyetujui visa kamu …. OH NO, dokumen dan buku rekening aja nggak di lihat sama sekali langsung di tolak ( bila si mbak bule memutuskan cek buku rekening saya pun uangnya nggak ada sih 😜😂).

Penolakan pertama dari US Embassy

Sungguh teganya.. dan uang 2JUTA melayang. Pulanglah saya dengan ngedumel, dumelannya jahat lagi ” Dasar mbak bule gendut masa dokumen gak dicek sama sekali langsung ditolak.” Lalu saya kontek agen yang bantuin saya, saya bilang visa saya ditolak si agen panas-panasin pula : ” Yang interview gimana ciri-cirinya”, saya jelasin lah ” mbak bule agak besar, rambut panjang agak keriting” ehh si Agen bilang ” iya kalo yang gendut itu emank susah blablabla” bikin saya tambah kesel deh jadi bawannya sebel ke personal mbak bule itu.Padahal mungkin si mbak bule hanya menjalankan tugasnya saja.

3 Bulan berikutnya, 09 Juni 2015,

Nggak kenal menyerah 3 bulan kemudian saya coba lagi untuk kedua kalinya, Kali ini saya urus sendiri pendaftaran wawancaranya ternyata gampang gak pake ribet dan saya pun ambil paket perjalanan dari satu tour travel jadi saya mendapatkan surat rekomendasi dari tour travel.

Banyak pihak yang mengingatkan kalau baru ditolak 3bulan lalu mendingan jangan ajuin karena datanya masi ada dan kemungkinan besar ditolak, tunggu saja 6 bulan…tapi sayanya tetep nekat👧

Dengan urus sendiri dapatlah saya jadwal interview 09 Juni 2015, saya sudah tau prosedurnya jadi gampanglah saya pikir ehh tapi kali ini saya deg-degan takut ditolak lagi. Pagi itu saya sampai hujan rintik-rintik dan tetep antriannya diluar gedung kedutaan #kejamkali.

Semua prosedur persis sekali dengan interview pertama, dan kali ini saya segrup dengan seorang Mbak seusia saya, dia bercerita kalau dia mau ke California akan bertemu dengan kawannya disana dan akan tinggal dirumah kawannya itu. Eh tapi informasi yang dia berikan kesaya dan ke Mas bule yang interview beda.. pas diinterview si mbak ditanya mau ngapain ke USA dan apa ada temen di USA? Dia jawab ngga ada dan hanya untuk jalan-jalan… ehh dia dapat kertas putih lohh jelas-jelas boong pas diwawancara dapet kertas putih… saya ngga pake nguping tapi emank kedengaran secara saya berdiri dibelakang dia.

Nah giliran saya.. dag dig dug.. si mas bule buka data saya,

Mas Bule : " Sari mau ngapain ke US? "

Saya : " Jalan-jalan lihat Amerika ikut tour"

Mas Bule : " Oh ya kamu suka traveling ya" sambil membuka buka paspor saya.

Saya : " Iya suka travelling." Sambil berkata dalam hati asik dilihat paspornya kayanya disetujui nih

Kali ini ketika saya sodorin surat pengantar dari tour paling nggak dia melihat dan baca sekilas.. asik pertanda baik dalam hati saya.

Mas Bule : " Kamu masih pacaran dengan Matthew xxx"

Saya : " Iya"

Mas Bule : " Nanti kalau disana kamu akan bertemu dia ?"

Sari : " Kemungkinan iya "

Mas Bule : " Nanti kalau kamu ketemu dia dan nggak pulang lagi gimana?"

Sari : " Saya pulanglah ada kerjaan masih menunggu di Jakarta"

mas bule ketak ketik, lalu bilang ” Saya mau banget bantu tapi masi belum bisa bantu” sambil menyodorkan kertas PUTIH dan paspor saya, saya lihat kertas putih langsung giranggg banget dan bilang thank you lalu dengan senang hati keluar… Yihaaa dapettt visa.

Eh pas hampir dekat pintu keluar baru saya ngeh KOK kertas putih tapi paspornya dikembalikan kesaya?? jadi saya bertanya lah kesalah satu petugas, dan iya menyuruh saya kembali ke mas bule lagi untuk nanya apa maksudnya..Saya balik lagi ke mas bule ternyata…. maksud dia adalah bener Nggak bisa bantu = Nggak disetujui dan dia salah ngasih kertas.. harusnya saya dapet PINK… si mas bule tukar kertas saya dengan kertas PINK #what!#$#@ mas bule kerja ngga bener nih…. saya yang kecewa berat jalan kluar dengan kesel dan ditaksi saya nanggis kecewa.

Penolakan kedua oleh US Embassy

Pas ditolak kedua kali Saya beneran sedih dan kecewa, total 2x visa ketolak 4juta ($320) melayang.. yang jelas-jelas jujur ditolak eh yang jawab boong diterima sempat terbesit nih US Embassy harusnya punya alat deteksi kebohongan jadi lebih afdol kerjanya. Tapi sisi positifnya dari ditolak visa dua kali itu saya dapat job tambahan untuk bantuin orang bikin visa yah lumayan untuk ngumpulin pundi2 tambahan.

Kok bisa dapat job nya darimana? Adik saya yang bekerja di Tour travel cukup besar pada saat itu selalu mendapatkan telefon yang menanyakan apa ada jasa untuk buat Visa Amerika, tapi kalau tour travel besar biasanya tidak pernah menerima permintaan pengurusan Visa Amerika. Maka dia mereferensikan ke agen lain, daripada keagen lain yah kesaya aja 😉

Dari menerima banyak telefon masuk hasil referensi si adik inilah saya bisa memaklumi kenapa pihak US Embassy di Jakarta sangat berhati-hati dan menolak visa saya yang baru pacaran 3 bulan dengan warga Amerika. Ada banyak yang menelepon saya meminta bantuan untuk mengurus visa US karena mau kerja ke US, saya tanya donk ” Apa sudah ada pekerjaannya disana atau ada keluarga disana ? Jawabnya ” Belum ntar sampai US baru mencari pekerjaan dan sendiri aja ngga ada siapa-siapa di US ” #duhnekat visa turis mau kerja disana.. illegal dunk, nggak berani lah saya bantu. Ada juga yang mau jalan-jalan tapi paspornya masih kosong melompong.. saya juga ngga mau bantu takut mengecewakan tapi saya kasi tau prosedurnya sangat mudah tinggal dilihat disini UStravelsdocs.com  Paling saya suka kalau dapat client minta ekspress service dan mau perpanjang visa apalagi perpanjangan ketiga atau seterusnya : kemungkinan approvenya 99.99%.

Sekian cerita kesedihan visa turis Amerika saya yang ditolak 2 kali, semoga nggak ada yang ngalamin kaya saya yah #sakitrasanya. Kalau ada boleh share dunk biar saya ngga merasa sengsara sendiri 😉

Diakhir cerita ini saya mau sharing berita sukacita; akhirnya setelah menunggu selama 6 bulan Greencard saya akhirnya disetujui dan 16 Febuari kemarin saya menerima surat pemberitahuannya dan dalam surat tersebut diinformasikan maksimal 3minggu kedepan kartunya dikirim ehh baru 2hari ( 18 febuari 2017 ) kartunya sudah nyampe 🤗🤗.. Apa ini karena si Trump ya yang legal Imigran apa-apa jadi cepet #nyambunggayah 🤔😜

Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga, Greencard approval

 

Xoxo, Sari si Imigran legal 😃

 

217 comments so far.

217 responses to “Visa Amerika ditolak 2 kali”

  1. Ias says:

    Halo mbak sy mau ajukan visa turis untuk ketemu keluarga pacar saya org US, kami pacaran sudah 3tahun. pacar saya tiap tahun ke indo untuk ngunjungin saya. Dan saya kepengen gantian untuk mengujungi keluarga dia disana. Apakah sulit? Saya sdh resign kerja dan mau mulai kuliah. Apa cukup bukti untuk balik ke indo dengan keterangan saya mahasiswa? Dan rekening tabungan rek tabungan pacar saya?? saya msh 20tahun dan belum minat untuk ngajuin fiance visa. Kira2 bisa ga ya hiks
    Salam,
    Ias

    • Hi Ias, mengajukan Visa amerika tidak sulit sama sekali tinggal mengikuti petunjuk dari web resmi nya yang Saya tidak pasti adalah di Terima atau ditolaknya Visa itu nantinya, tidak ada salahnya di coba dan good luck ya

  2. Nita tania says:

    Hi mbak.. aku juga tahun lalu ajukan visa trus di tolak.. tahun lalu aku tulis kl aku ada knlan disana dan itu pacar aku.. selama interview yang ditanya cuma mengenai pacar aku itu.. dokumen pendukung gak dibaca sama skali.. nah tahun ini aku mau ajukan lagi.. aku mau minta saran apakah aku infokan lg kl aku ada pacar disana? Kasi aku saran ya mbak. Dan kl aku lihat waktu wawancara.. kl ajukannya sekeluarga pasti diterima.. kl sendiri2 dan msh mudah rata2 ditolak.. huhuhu.. sedihnya, aku dah gak ada keluarga.. 😭😭
    Help me ya mbak

    • Hi Nita, untuk pengajuan keluarga ada juga loh yang Visa nya ketolak so that’s not guaranteed.
      Kalau case kamu, kl memang Sudah tidak pacaran lagi bilang aja sejujurnya. Pengajuan kamu setahun lalu pasti masih Ada record-nya juga di embassy.

      Good luck!

  3. marcella says:

    Mba saya mau tanya apakah untuk pengajuan k-1 visa, pasti 100% di approve atau bisa saja pihak embassy mnolak atau tdk approve, dan kalo boleh tau kira2 apa alasanya jk k-1 visa tdk d approve pihak embassy. Minta petunjuknya 🙂
    Thank u

    • Hi Marcella,
      Diterima atau tidaknya Visa K1 tergantung pihak embassy. Alasannya variatif bisa dari dokumen yang tidak lengkap, dianggap tidak mampu secara financial dsb.

  4. anggie says:

    Hi mba Sari,

    Saya ingin mengajukan VISA ke USA deh, tapi Mei 2018 saya baru dpt kabar kalau pengajuan green card saya ditolak. Kebetulan kertua saya sdh WNA, tp kok saya takut ditolak ya. Takutnya sdh ter-record klo saya ingin pindah kesana untuk menemani ortu. Apakah ada masukan dari mba? Krn teman2 saya yg disana blg “knp ga ngajuin VISA dulu? Jgn langsung green card” Krn mertua saya sdh berumur & WNA jd saya & suami berencana menemani beliau disana. Please masukannya ya mba, thanks.

  5. Dian says:

    Hi Mba…. mau tanya jg dong aku jg mau apply visa nih rencana mau ikut tour tp kok tour di daerah tempt saya kok pada ga mau ngasih surat pengantar dr tournya itu ya? Klo mbaknya kok bisa dpt surat pengantar dr tour? Kasih rekomendasi dong mbak tempat tour yang bisa kasih surat pengantar kyk mbak gt… Thanks

    • Hi Dian,

      Biasa nya tour mau kasih kalau kitanya Sudah DP, yang di mana DP nya hangus Kalau kita ngga jadi ikut tour. Bisa ditanyakan Ke tour yang besar biasanya gitu.

      Good luck ya!
      Sari

  6. Tyo says:

    Hi Mba.. Kemaren ngajuin visa kedua kalinya (pertama 2017) dan di tolak lagi.. Sedih banget. Huhuhu.. Apa karena sy single ya dan 30+. Padahal sudah dijelaskan di kolom explain pernah refusal visa yang lalu dijelaskan panjang lebar juga klw ortu sy tgl dgn sy dan sy hrs rawat ortu sy sehingga sy hrs immediately return after visit dan sy jelaskan juga sy puny a aset serta pekerjaan yg bagus namun tetep di tolak. Pas kmrn interview semua passport dari passport pertama di lihat krn sy ditanya pernah kemana sj, sy blg 2x ke eropa. Bingung deh musti nunjukin ikatan yg kyk gmn lg ya.. Apa musti nikah dl ya baru bisa di approve.. Sy msh pengen melajang krn msh pengen urus ortu dl. Rencana bulan depan mw ajukan lagi… Pantang menyerah, harus sampe dapet haha… Just info aja record kita akan selalu ada walau uda tahunan lewat krn kmrn ada yg apply dan foto sama dgn yg di apply di thn 2012.. Di suruh bikin baru foto nya.

    • Hi Tyo,

      Semoga pengajuan berikut bisa Ke approve ya! Semoga kali ini kamu bisa meyakinkan mereka bahwa kamu pasti pulang. Saya sih ngga tau pasti kriteria mereka dalam menyetujui dan menolak Visa, tapi mungkin mereka lebih berhati2 Karena cukup banyak Indonesian yang menyalah gunakan Visa turis di USA overstay dan jadi ilegal imigran.

    • Dian says:

      Kamu aja yg udah pernah ke eropa di tolak apalagi saya yang blom pernah kemana2… Hadeewhh jd ga pede mau apply USA visa… Masak hrs travel around dlu br bisa di approve… Buang2 duit dong yaa

  7. Lily says:

    Salam kenal sari,
    Saya cuma mau cerita kasus visa amerika saya ditolak 2x, mungkin bermanfaat bagi teman2.
    hanya gara2 google translate saya ditolak untuk ke 2 kalinya jangan pada ketawa ya.
    ini ceritanya :
    tgl 7 jun 2018 , apply pertama kali deg2 an, sudah dijawab tujuan keamerika mau antar anak sekolah karena di terima di univ di hawaii. Surat2 tdk diminta, konsuler hanya ketak ketik di komputer, terakhir dan bilang takut saya kena human traficking, dan dapat surat cinta pinky.

    Tidak patah semangat , atas desakan anak dan famili pantang mundur apply lagi dan siapkan smua dokumen sampai baca kasus2 sebab2 penolakan. apply lagi

    tgl 18-7-18, drama nya dimulai saat wawancara aja ya
    dapat nomer 96, ini nomer sakti, dapat lagi dengan konsuler yg wawancara saya pertama kali, tapi sy disuruh duduk kembali katanya nanti akan dipanggil kembali. hati ud dag dig dug duarr nga karuan akhirnya dipanggil lagi dengan konsuler yang berbeda. (Saya tdk begitu pintar bahasa inggris kira2 gini pertanyaannya dlm bhs indo..hehehhe)
    konsuler : kenapa mau ke amerika
    me: karena anak sy diterima sekolah di xxx college. saya mau membantu dan mendampingi anak perempuan sy utk urus keperluan sekolahnya.
    konsuler : ada sodara di amerika
    me : Ada. sebutkan nama bla2
    Konsuler : karena ada sodara anda di amerika makanya anak anda mau bersekolah di sana?
    Me : Iya (Dalam hati apa hub pertanyaan ini, khan irit kalo ada sodara by living bisa ditekan) saya jawab singkat takut dibilang cerewet
    Konsuler : Kalau anda tidak ke amerika memangnya anak anda tidak mau sekolah?
    Me : makin ketar ketir .. why..why. why.. rempong bingit tuh pertanyaan.. Akhirnya saya jawab simpel : Tetap sekolah study no.1
    Konsuler : !@#$%^&*((*&&& (saya dengar seperti suara tawon)

    pertanyaan terakhir dalam bahasa inggris (padahal dalam penjelasan saya sudah saya cantumkan saya tdk pintar bhs inggris), Karena takut salah jawab saya minta konsuler bertanya dalam bahasa indonesia dengan sopan dan memohon.. coba tebak apa jawaban konsuler : Ini penjelasan kamu tertulis dalam bahasa inggris. oh my god dlm hati.. saya memohon lagi,

    Me: akhirnya karena saya rada kesel juga saya jawab : SAYA TULIS PAKAI GOOGLE TRANSLATE SIR… (Walaupun kesel saya jawabnya sopan loh)

    Konsuler : Saya mau membantu anda, tapi anda terlalu banyak bicara. Akhirnya dikasih lagi tuh si pinky .. Coba teman2 pikir apa yang salah dengan si Google translate.

    Tidak ada yg percaya khan gara2 si google saya ditolak. Tgl 5 agustus 18, anak perempuanku berangkat sendiri ke usa, dan saya minta maaf dengan sodara karena sudah merepotkan mereka..

    apply visa ini menjadi horror bagi saya. Fighting ya bagi teman2 yg mau apply.

    • Hi Lily,
      Makasih untuk sharing pengalamannya ya.. pelajaran bagi temen2 yang Ingin apply dan bahasa inggris menjadi ketakutan, pas dari awal langsung kasih tau Ke mbak/mas bule nya Kalau kita nggak bisa bahasa Inggris. Mereka akan maklum kok dan mereka akan Interview kita dalam bahasa Indonesia.
      Good luck ntar kalo coba lagi ya Li 😉

  8. Michael says:

    Saya juga urus visa j1 ketolak, alasannya krn tidak ada ikatan kuat untuk balik ke negara asal. Padahal saya sudah ada surat sponsor, kontrak kerja (soalnya sy intern), dll. Saya bahkan gak d interview, tiba2 sudah di tolak saja sama bulenya. Ada tips gak mba sari? Soalnya sy gk mw mubazir masa intern sy d sana. Kalau ketolak cman krn visa kan sedih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Sari's Storyline

Enter your email address and receive notifications of new posts by email.


Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox:

Read previous post:
Valentine’s Day is A Romantic day?

Happy Valentine's Day y'all!! Valentine's day it's not only about flowers, chocolate, jewelry or a romantic date but media and...

Close