Visa Amerika ( Fiance Visa )

Kutersanjung nih blog saya yang berjudul  Visa Amerika ditolak 2 kali mendapatkan respon positif tapi Tips mendapatkan pacar/ pasangan bule tetep yang paling HITS!

Hampir tiap hari ada saja email masuk yang konsultasi dan menanyakan prosedur Visa Amerika seperti apa, setelah ditolak bagaimana, kok bisa dapat Greencard padahal ditolak, dll. Bagi yang sudah baca blog Visa Amerika ditolak 2 kali pasti bingung ya, lah Visa ditolak tapi dapat Greencard! maafken ceritanya ngga detail.. di blog kali ini saya akan perjelas ya 🙂

Jadi begini ceritanya …

Setelah Visa Turis saya ke Amerika ditolak dua kali di tahun 2015, saya dan babang bersepakat mau ketemu ditengah-tengah yang enak untuk berlibur sempat terlintas dibenak si babang ketemu di Mexico aja ( tapi saya nggak mau karena kejauhan buat saya, dia enak deket!), akhirnya kami memutuskan bertemu di Peru yang jaraknya sama jauhnya buat kami. Eh setelah kami cek and ricek tiket pesawat beberapa hari kemudian si babang menyatakan serius bahkan dua-rius mau menikahi saya, kami berdiskusi lebih lanjut dan akhirnya kamipun mengajukan Fiance Visa Amerika.

Singkatnya untuk pengajuan Fiance Visa kami di December 2015:

Petisi awal diajukan oleh si babang ( Petisi diajukan oleh Warga Negara Amerika ) dengan mengisi Form I-129F dan dokumen tambahan yang dibutuhkan, link : Petition For Alien Fiance dengan biaya $ 535.

Ditanggal 10 December 2015, Babang mendapatkan email dari USCIS bahwa Form I-129F telah diterima.

April 12 2016, Babang mendapatkan email yang menyatakan bahwa petisi-nya telah disetujui dan pihak USCIS meminta email, alamat dan nomor telfon saya. Dan babang me-reply email tersebut.

April 13 2016, Saya menerima email dari USCIS yang berisi informasi kelengkapan dokumen yang dibutuhkan untuk interview.

Tapi karena saya sedang berada di Sydney pada saat itu maka saya tidak langsung mempersiapkan kelengkapannya sebulan kemudian setelah ada di Jakarta baru saya mempersiapkan kelengkapan dan jadwal Interview :

  1. Paspor yang valid minimal 8 bulan
  2. Form DS-160
  3. Akte kelahiran dan translate ke Bahasa Inggris
  4. Surat cerai/ kematian dari pasangan sebelumnya ( saya belum pernah menikah so saya tidak siapkan)
  5. Untuk Indonesian kita tidak perlu surat kepolisian atau court record ( jadi mempermudah sedikit)
  6. Original Affidafit support (Form I-134) dari petitor :  tax return, bank statement/bukti asset, letter of employment ( tapi karena babang bukan pegawai kami tidak melampirkan letter of employment)
  7. Foto untuk visa Amerika ( Pergi saja ke studio foto bilang ” Mau foto untuk visa Amerika”)
  8. Hasil medical Check-up
  9. Bukti relationship ( Foto, Kartu, surat, email, dll) tapi karena ini sudah diminta pas si petisi mengajukan maka saya ngga print banyak foto.
  10. Bukti bayar visa K1 $ 265, cek disini untuk update biaya terbaru KLIK

Setelah semua lengkap maka pada tanggal 16 May 2016 saya mengajukan jadwal Interview (dan langsung mendapatkan balasan) untuk appointment pada tanggal 25 May 2016 jam 12.30 siang, lokasinya di US Embassy Jakarta.

Pada hari H saya kiriman dokumen Original poin 6 masi belum saya terima dari si babang, well saya pikir hasil Visa nya pasti ketunda nih karena data yang penting nya ngga saya bawa, eh Puji Tuhan-nya tepat sebelum saya pergi tukang pos datang membawa dokumen tersebut. Catatan penting : Kalau kirim dokumen PENTING ini pakai yang paling cepat dan paling terpercaya kalau ngga deg-deg-an seperti saya akan terjadi.

Saya pikir karena sudah mendapat jadwal interview sepecial saya ngga pakai antri didepan Embassy lagi, opss saya salah TETEP harus pakai antri didepan embassy, tapi untuk waktu tunggu tidak terlalu lama saya diperbolehkan masuk kedalam embassy dan antrian tak terlalu panjang saya akhirnya di Interview oleh seorang bule mungil hanya kurang dari 10 menit.. YESSSS Visa K1 saya approved!!! Eh tapi ada drama si mbak bulenya lupa sidik jari saya.. besokannya pihak embassy menelepon saya meminta saya datang untuk biometric. Selang 3 hari dari biometric saya mendapat email dan SMS bahwa dokumen/ paspor saya siap untuk diambil. Yay setelah 5 1/2 bulan akhirnya lega deh Visa K1 ditangan.

Yay Visa ini loh yang ditunggu-tunggu

Catatan Dari Saya untuk mengajukan atau sedang proses Fiance Visa :

  • Yang saya tulis disini sudah saya rangkum jadi terlihat simple, pesan saya ; Sabar dalam segala proses dan mengisi kelengkapan dokumen dengan teliti.
  • Mohon BACA situs resmi, karena approval Visa saya di 2016 mungkin sekarang sudah ada update yang berbeda.

https://www.uscis.gov/family/family-us-citizens/fiancee-visa/fiancee-visas

http://ustraveldocs.com/id/id-niv-visatypeinfo.asp

  • Saya memilih tidak memakai bantuan pengacara, karena semua prosedur dan data yang dibutuhkan sangatlah jelas di situs resmi dan pakai pengacara mahal boo.. Jadi teringat seorang Mbak yang saya temui pas interview, dari pembicara singkat terlihat songgong tapi katro ( duh siapa saya ya men-judge) dia bilang ke saya ” saya pakai pengacara, bisa ngga keterima loh kamu kalau nggak pakai pengacara” Nah tiba saat si mbak itu di periksa kelengkapan dokumennya, ketika kelengkapannya berbeda dari yang diminta si embak katro ini bilang “kata pengacara saya bisa pakai foto latar biru”, “kata pengacara saya dokumen yang ini” lalu dibalesin oleh si pengecek dokumen “yang kerja disini pengacara Ibu atau saya??” saya nggak nguping ya tapi terdengar jelas diruang terbuka.
  • Yang nggak kalah penting Visa K1 dikeluarkan dengan syarat dalam 90 hari kedatangan wajib melakukan pernikahan, jadi dipikirkan masak-masak ya sebelum memutuskan.

Semoga terjawab semua ya pertanyaan dan kegalauan dalam pengajuan Fiance Visa dan Good Luck!!

 

 

 

 

 

 

24 comments so far.

24 responses to “Visa Amerika ( Fiance Visa )”

  1. Tulisan tema bule memang cepat jadi hits, repotnya sih klo blog sdh makin rame makin banyak pula yang curhat ya hehe, makanya aku makin mengurangi banget posting tema bule krn sdh ga punya banyak waktu online. Baru tahu aku klo fiance visa amrik mahal juga ya spt australia.

    • Iya Nel, Makanya dibuat blog visa amerika jilid 2 karena pertanyaannya mirip2 dan aku jawabnya ulang-ulang lagi. Iya Belum lagi biaya greencard mahal juga. Btw how’s new baby 💕

  2. Diana Elya says:

    Wah, total biaya visa nya sekitar $800 yaa.. Mahal jg..hehe
    Saya rencana April akan mengajukan fianće visa, saya nd pasangan masih berdiskusi panjang soal mw menikah di indo atau di USA. Kalo boleh tau, fianće visa itu diajukan ada minimal brp lama masa pacaran ndak yaa? Karna saya nd pasangan baru pacaran selama 6 bln.. Kemudian untuk birth certificate dan medical check up itu wajib atau optional yaa? Boleh minta sharingnya kak sari😊

    • Hi Diana, Kalau dibaca di situs resmi nya ( saya Ada cantumkan di blog ) itu minimal 2tahun ya katanya tapi kayanya ngga wajib 2th.
      Kalau pasangan kamu tinggalnya di US saya sarànkan si menikah di US lebih mempermudah urusan visa dan kedatangan kamu ke US.
      Untuk Fiancé Visa med-check itu hukumnya wajib. Kalau birth certificate saya punya jadi tidak memastikan lagi apa itu wajib atau tidak ( tapi setiap kita pasti punya birth certificate)
      Good luck ya buat pengajuannya.

  3. inlycampbell says:

    Sari, ditengah2 tuh mestinya Hongkong atau taiwan gitu, kalau mexico, ditengah2 buat babang yaa haha..

    di New Zealand juga ada namanya culturally arranged marriage visitor visa, biayanya 184NZD, plus kudu married dalam waktu 3 bulan juga.. Sama yah berarti..

    • Hahaha Iya Tuh dia Mau gampangnya aja, tapi dr awal dia dah berkorban 28jam sekali jalan buat ketemu gadis pujaannya 😜
      Iya sama ya Ly, pasti panjang juga persyaratannya ya

      • inlycampbell says:

        Iya sih, US jauh banget dr Jakarta.. ke NZ aja udah lumayan jauh, pegel di pesawatnya, apalagi ini lebih jauh ya.. Gua belum apply yang itu, masih yang partnership dulu, mpot2an juga persyaratannya.. nanti bakal ditulis juga di blog kalau dah balik ke gua, paspornya haha.. biar lebih sure..

  4. farida says:

    hoo… butuh petisi dari warganegara US ya?

  5. Fiberti says:

    Baru tahu soal fiance visa…ya semoga kedepan semua urusan admin dilancarkan ya mba..
    Pengalaman mengurus berkas-berkas ribet dan seperti PR yang blm selesai2…

  6. riza says:

    Hi mbak Sari,
    seneng banget saya bisa nemu blog nya mbak, mau tanya2 boleh?
    waktu tunangan mbak submit form I-129F itu kelengkapan dokumennya apa aja?
    apa submitnya bareng dengan form I-134 ?
    btw mbaktinggal di state mana?
    makasih ya sebelumnya ^_*

    • Hi Riza,
      Form I-134 di blog aku ini poin no 6, dan ada juga link nya itu disubmitnya oleh untuk dibawa pada saat interview.
      Form I-129 F kelengkapannya Form I-129 F lengkap dan di tandatangan, ID card tunangan saya dan saya, evidence seperti foto dan tiket pesawat pernah mengunjungi saya di Indo, detailnya bisa dilihat disini ya takutnya ada perubahan dari waktu kami apply https://www.uscis.gov/i-129f

      Saya tinggalnya di South Dakota, semoga jawabannya bisa membantu 🙂

  7. HahahahH.. Itu ibu2 songong kena batunya yak :p. Makjleb banget jawaban mba di kedutaannya :p. Emg repot ya mba ngurusin dokumen2 begini.. Yg nikah sama2 negaranya aja rempong jg, apalah lagi Beda negara :)..

  8. Yeni says:

    Hai mbak Sari, Selamat ya akhirnya bisa dapat juga visa USA. Mbak Sari bisa minta No.WA nya? Ada yang mau Saya tanya2 juga. Soalnya juga lagi urus visa USA (spouse). Ini email saya. happy2julyth@gmail.com
    Salam

  9. Effa Natasya says:

    Hi Mbak Sari…

    Salam kenal ya mbak…
    Mau cerita nih aku soal keinginan pacarku yg ingin mengajukan visa K-1. Agak complicated nih mbak masalahku. Sekitar 1 thn lalu aku kenal dengan pacarku ini via online. Singkat cerita kami cocoklah. Dan untuk pertama kalinya tahun 2017 ini dia sdh 2 kali berkunjung ke Jkt bertemu dgn sy (20 Juli-04 Agustus & 30 Agustus-19 Sept ). Ketika kami menyiapkan dokumen2 yang diminta ada kondisi/kendala yang membingungkan saat ini :
    1. Syarat itu katanya 2 tahun dlm posisi sudah bertemu & bertunangan, Sedangkan saya bertemu secara fisik pertama kali itu 20 Juli 2017 (sebelumnya hanya videocall via Line, WA atau Viber dll).
    2. Saya dan pacar saya sama sekali tidak tahu dan tidak kepikiran untuk membuat foto/dokumentasi untuk persyaratan Visa K-1 ini. Bisa dibilang 2 kali dia berkunjung…hanya 2X kali kami berfoto. Sejujurnya saya nya sih yg memang nga terlalu suka di foto. Dan saya sekarang nyeselnya berjubel. Walaupun Desember 2017 nanti dia datang lagi & menetap selama 1 bulan…apakah foto2 itu bisa disusulkan (kok feeling saya bilang “geloh…nga bisa kelesss”)
    3. Pacar saya tersebut dari beberapa tahun lalu mengidap penyakit PTSD (Post Traumatic Stress Disorder : gangguan kecemasan yg muncul akibat kejadian traumatis sewaktu dia di militer semasa muda dulu) hingga statusnya DISABLE (tidak bisa bekerja). Sehingga pemerintah dia yang memberikan “nafkah” kepada dia dan tentunya dia tidak perlu membayar pajak
    Menurut opini Mbak Sari bagaimana yah…bakalan susah atau ndak ya proses K-1 Visa saya ini ? Atau adakah dari teman2 lain yang mengalami masalah seperti saya ini…
    Butuh saran teman2….aku pusing 10 kali keliling nih…Makasih ya

    • Hi Effa,
      Saya coba bantu jawab ya..
      yang pertama : Saya dan pacar waktu mengajukan Fiance visa belum 2 tahun waktu itu baru 1 tahun pacaran saja dan di setujui Fiance visa saya
      Kedua : dicoba saja dimasukan foto tersebut dan bukti percakapan via wa dll, karena foto memang diminta tapi nanti diminta lagi bukti seperti tiket pesawat waktu mengunjungi kamu ( di jelaskan juga oleh pihak homeland security bahwa foto bukan jaminan bukti)
      Ketiga : berapa penghasilan pacar kamu pertahun dari pemerintah setau saya kalau diatas $16,240 itu aman untuk mengajukan Fiance visa ( tapi coba cari tau lagi siapa tau ada perubahan )

      Semoga menjawab ya..

      Salam,
      Sari

  10. Lasma says:

    Hi Kak Sari,
    Aku baru aja ditolak tadi pagi. Aku kesana apply B1 B2, sebenernya kesana mau ketemu pacar saya plus ada training dari perusahaan. Sy sudah siapkan surat sponsor dr perusahaan yg invite saya. Tapi kayanya yg wawancara langsung kira sy kesana mau caro kerjaan. Tanpa minta lihat dokumen apapun.
    Dia agak menekankan mengenai status marital, punya anak dan punya rumah sendiri atau ga. Sy bilang single and no children. Sy ada rumah tapi warisan ortu almarhum tp belum balik nama, makanya sy bilang not own a house.
    Ehh dia ketik2 terus dikasih pink.

    Sy rencana mau apply 3 bulan lagi setelah balik nama rumah ke nama saya. Sy 27 tahun special needs teacher punya bisnis juga.
    Kira2 apa yg bs meyakinkan ya?

    Pacar saya rencana Januari ini datang, tapi tadinya sy pikir sekalian Sy Xmas disana eh malah ditolak..

    Sy mau tanya, kalau next apply visa business lagi atau kalau memang nanti kedatangan dia kesini bertemu keluarga besar dan lanjut ke tahap selanjutnya sy maunya menikah disana krn pengalaman teman2 sy yg menikah disini lama dapat izin kesana setelah menikah bisa sampai setahun lebih.

    Saran mbak sari coba lg visa turis atau kalau jodoh coba fiancée visa ya?
    Mereka keep data ya?

    Thanks before ya Mbak.

    • Hi Lasma,

      Itu Training dari perusahaannya, kamu tidak bekerja untuk perusahaan tersebut ya?

      Saran saya sih karena kamu pernah ditolak akan lebih mudah Fiancé visa walaupun prosesnya lebih makan waktu. Dan memang lebih mempermudah Fiancé visa daripada Spouse visa untuk kedatangan kitanya ke USA.
      For sure they keep our data even temen saya yang sudah lebih dari 10 tahun lalu saja mereka masi keep data-nya.

      • Lasma says:

        Thanks for answering Kak Sari,
        Jadi aku bukan kerja di company nya.
        Aku distributor produk suplemen new company dari USA baru 2 tahun di Indonesia dan mau ikut training and convention disana. Aku dikirim invitation letter by email dan aku bawa juga pas interview di embassy.

        Tapi pas dia denger training dan tanya apakah aku kerja disana aku bilang kesana mau datang event krn ini side businessku.
        Hehe tapi kayanya masih kedengeran aku ga akan pulang lagi. Padahal kalau dapat lumayan kan jadi tiap ada Internation Convention dr companyku bisa ikut, krn selalu di US.

        Aku udah ikutin saran baju terang, aku pakai merah hahaha kayanya red sign di mata dia kali ya.

        Fiancé visa aku harus punya record semua relationship sama dia ya? Soalnya baru 6 bulan aku juga agak 50:50

        Untuk fiancé visa apakah ada kemungkinan Dipersulit? Lalu apakah wawancaranya di akhir setelah semua dokumen masuk? Dan aku lihat kaka langsung dapat greencard itu gmn ya? Setelah menikah jadi bs menetap disana?
        Ada temanku yg dengan spouse visa habis nikah harus berpisah dulu sampai dokumen beres. Lebih rumit ya kayanya.

        Btw, many thanks kak for sharing
        God bless you 🙂

  11. Heni alficowati says:

    Hi mbak sari aku heni, one question, berapa lama waktu yg diberikan USCIS utk kita siapkan dokumen jelang interview? Thanks for answering. God bless.

    • Hi Heni, ini untuk Fiance visa? setau saya sih sesiap kamu aja, kan kita yang mendaftarkan interview-nya online.. kalau sudah siap semua baru deh didaftarkan, nah kalau saya waktu itu lebih dari sebulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Sari's Storyline

Enter your email address and receive notifications of new posts by email.


Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox:

Read previous post:
Kangen Jakarta??

Nggak kerasa sudah 1 tahun merantau ke negeri Paman Sam. Masih jelas diingatan diantar papà dan adik ke bandara pagi...

Close